Breaking News

Friday, October 20, 2023

GEBYAR PEMBATIK-BERBAGI BERSAMA KOMUNITAS GURU PENGGERAK RIAU


Flyer Webinar Gebyar PembaTIK-Berbagi 


Cerita Berkolaborasi dan Berbagiku (Cerita yang tertunda) Kamis, 19 Oktober 2023 

 Assalamu'alaikum sobat semua, 
 
Waduh saya lupa memposting kegiatan yang ditaja Komunitas Guru Penggerak Provinsi Riau, colek Bu Imelda Sandra JS. Terima kasih atas ruang yang ibu berikan kepada saya ya. Semoga ke depan saya bisa juga hadir pada kegiatan coaching untuk guru penggerak, bisa berbagi pengalaman bersama. 
Memang keren, saya berkolaborasi dengan rekan guru dari Kalimantan Barat, Ibu Rury Nurul Hidayati, S.Pd, Gr. Ibu Rury berbagi praktik baik tentang pembelajaran IPA di SD dengan memanfaatkan Canva yabg disulap menjadi MPI. 

Pada kesempatan ini,  saya berbagi tentang penulisan CV dan Application Letter dengan model pembelajaran Problem-Based Learning yang memanfaatkan Inovasi Pembelajaran "CaQuW" (Cakuwe, gitu bacanya), kek nama roti yang menjadi bahan pelengkap bubur ayam kan Sobat, Enak nich. Seperti itu juga bagiku CaQuW ini, Canva, Quizizz, Wordwall, tiga serangkai yang juga menjadi pelengkap pemelajaran di kelasku, yang membuat suasana kelas ku enak, menyenangkan. Siswa-siswa asyik berkreasi dan utak atik gadget mereka, fokus ubah ini ubah itu dan yang pasti mereka bisa majang foto kece mereka di karya mereka kan. Inikan juga hobi anak remaja. Saya juga senyum-senyum bahagia saat menatap mereka seru bermain Wordwall, inimemang hal baru yang saya terapkan di kelas XII, penasaran kalau nilai teman lebih tinggi darinya, sampai pindah posisi duduk, sampai pindah ke kursi teman yang lain jadi kumpul-kumpul kek mereka asyik "mabar", sambil sesekali melihat rangkuman pelajaran yang ditulis di papan tulis, tanpa disadari mereka telah 'bermain sambil belajar' kegiatan penutup pembelajaran yang menyenangkan. Mereka terkagum-kagum juga liat karya mereka yang selama ini mereka hanya tau kalau surat lamaran dibuat di selembar kertas putih tanpa warna , polos aja, sekarang bisa dibuat menjadi indah. 

Terlebih lagi materi ini menurutku merupakan 'Lifeskill" juga lho, karena keterampilan ini akan mereka gunakan setelah tamat dari Smkn I Bangkinang, saat akan melamar kerja. Bukan untuk melamar anak orang ya, Tapi mungkin ada juga kali pakai CV digunakan buat melamar pujaan hati mereka nanti. Karena beberapa waktu yang lalu, anak saya yang sulung pernah bercerita, punya teman, kakak-an lah dilamar orang yang menunjukan CVnya saat ta'aruf ke rumah si kakak. Hmm...... bisa juga ni ditiru ya, supaya orang tua yang dilamar gak banyak tanya kali ya. Tinggal baca CV aja. Ada-ada aja ya Sobat. Nah, jadi panjang ceritanya ya, karena late post. 

 Love U my students. Be creative to make something interesting and amazing 


CUPLIKAN FOTO KEGIATAN WEBINAR

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar" 

#PusdatinKemendikburistek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar,


No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog