Breaking News

Wednesday, October 11, 2023

Kuliah Umum PembaTIK Level 4 2023



Senin, 9 Oktober 2023

Alhamdulillah. Itu kata-kata yang selalu terucap atas pencapaian ini, 30 Nominator Sahabat Teknologi Riau 2023, dulu dikenal dengan Sahabat Rumah Belajar, kompetisi guru yang mengembangan media pembelajaran menggunakan TIK, PembaTIK.Mgkn bagi guru lain biasa aja kali ya. Tapi bagi saya, ini pertama kali ikut. Jadi kaget juga kerja yang dikira biasa saja ternyata ............. Tapi saya ada/tidak. ikut/tidak PembaTIK ini, kegiatan menggunakan TIK di kelas sebagai variasi mengajar memang sudah menjadi kegiatan saya juga sejak pandemi dan terus konsisten sampai sekarang. 

Hari ini Kegiatan para Sahabat Teknologi se-Indonesia mengikuti Kuliah Umum bersama Kemendikbud dan beberapa Duta Teknologi 2022 Banyak ilmu2 baru yang didapat. Walau sambil ngajar tapi tetap mengikuti Kuliah Umum di ruang kelas. Seru!!!. Belajar juga tentang Public Speaking agar dapat berkomunikasi dengan baik ketika berkolaborasi dan berbagi praktik baik dengan rekan guru yang lain. Pokoknya Keren dech. Semakin menambah wawasan dan motivasi untuk mengembangkan teknologi di dunia pendidikan, khususnya sekolah ku SMKN I Bangkinang dan murid-muridku 

Ada beberapa poin yang saya dapatkan dari Kuliah Umum PembaTIK Level 4 2023

Lomba PembaTIK terbagi 4 level..Program pembaTIK mengadaptasi Kerangka Kompetensi TIK yang dikeluarkan oleh UNESCO sebagai panduan untuk meningkatkan kompetensi guru.
Harapannya bahwa guru tidak hanya mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran mereka, tetapi juga berbagi inovasi dengan yang lain.

1. Peran Duta Teknologi:
Duta Teknologi terpilih akan menjadi jangkar pendidikan dan mitra terdepan Kemendikbud untuk mempercepat penguatan ekosistem digital pendidikan.

2. Pembangunan Ekosistem Digital:
Upaya untuk menggali potensi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri, kontekstual, dan inovatif.

3. Pentingnya Kualitas Pembelajaran:
Betapa pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran, dengan dampak langsung pada Sumber Daya Manusia yang unggul dan masa depan yang lebih gemilang.

4.Tantangan dalam Pendidikan
Kesadaran akan tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

5. Pemberian Dukungan:
Permintaan dukungan dari para pembatik untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan inovasi, sehingga peningkatan kualitas pendidikan dapat merata.

6.Tema Program Pembatik 2023:
Tema program ini adalah "berkolaborasi dan bertransformasi untuk Bertukar Ide dan Gagasan:

Kuliah umum memberikan kesempatan untuk bertukar ide dan pandangan antara narasumber dan peserta.menumbuhkan ekosistem digital menuju Merdeka Belajar."

Narasumber menggarisbawahi pentingnya para pendidik memiliki mindset inovator di era digital untuk menghadapi perubahan dalam pendidikan.Inovasi bukanlah tentang diri sendiri, melainkan tentang menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi anak cucu kita di masa depan.

Mengembangkan inovasi pendidikan adalah tugas bersama, dan guru bukanlah sendirian dalam perjalanan ini. Inovasi berbeda dengan kreatifitas. Kreatifitas lebih tentang menciptakan hal baru, sementara inovasi adalah mencari solusi.

Penting untuk selalu berinovasi dalam pendidikan, terutama di era digital, agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik. Berinovasi bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, tetapi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi anak cucu kita.

Ajaklah rekan-rekan yang kurang peduli pada perkembangan teknologi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang membuka kesadaran akan pentingnya inovasi.

Tunjukkan contoh penggunaan teknologi dan inovasi yang memudahkan hidup, sehingga orang lain akan terinspirasi.
Bergabunglah dalam kelompok yang mendukung inovasi dan belajar dari mereka. Dalam kelompok ini, konsistensi mindset inovator akan lebih mudah dijaga.

Jadikan kegiatan berinovasi sebagai sesuatu yang menyenangkan, bukan sebagai tugas berat.

Inovasi tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang berkolaborasi, mencari solusi, dan menjaga konsistensi dalam berinovasi.




“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar"

#PusdatinKemendikburistek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog