Breaking News

Friday, December 12, 2014

RPP Describing People



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan      : SMK N 1 Bangkinang
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/semester            :  X/1
Materi Pokok              : Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
Waktu                         : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
  Kompetensi Dasar (KD):
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7.    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.1.      Mengidentifikasi struktur teks pada teks deskriptif
3.7.2.      Menemukan unsur kebahasaan pada teks deskriptif
4.8.    Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.8.1.      Menenukan informasi umum, rinci dan tertentu dalam teks deskriptif tertulis
4.9.    Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
  4.9.1.   Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.10.  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.10.1. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran :
Melalui proses mengamati, membaca, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu,menganalisis dan menangkap makna dan menyusun teks lisan dan tulis sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.

              
E.     Materi
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·        Fungsi sosial
Membanggakan, menjual, mengagumi, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb.
·        Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.    Menyebutkan nama orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
b.   Menyebutkan sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya, dan
c.    Menyebutkan tindakan dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
·        Unsur kebahasaan
(1)   Kata benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan atau tanpa a dan the, plural (-s), this, that, those, my, his, dst.
(2)   Kata sifat tentang orang, binatang, benda dalam kehidupan siswa di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan atau tanpa kata keterangan quite, very, extremely, dst..
(3)   Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense.
(4)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(6)   Ejaan dan tanda baca
(7)   Tulisan tangan
·        Topik
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal relevan dengan kehidupan siswa sebagai remaja dan pelajar SMK, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan bertanggung jawab.

F.    MetodePembelajaran
Pendekatan :    Scientific Approach
Model         :    Discovery Based Learning (DBL)
Teknik         :    Diskusi kelompok, role- play, penugasan individu dan kelompok.

G.   Langkah – langkah Pembelajaran
      
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2.      Memberi motivasi belajar dengan mengajukan deskripsi seseorang dan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari (brainstorming)seperti:
He is tall. He is rather fat. He has short black hair. He is or sixth president. Who is he?
3.      Play the word search game.(Vocabulary builder)
4.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
5.      Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil
10 Menit
Kegiatan Inti
a.  Mengamati
Menstimulasi/pemberian rangsangan
·         Peserta didik membaca beberapa deskripsi orang yang terdapat dalam buku teks (Developing English)dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakan deskripsi yang dibacanya.
·         Peserta didik menirukan contoh pengucapan kosa kata baru yang ada dalam teks tentang orang dengan bimbingan guru.
·         Peserta didik belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks yang dibaca.
b.  Menanya
Mengidentifikasi Masalah
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
·         Peserta didik mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks deskriptif tentang orang.
c.   Mengeksplorasi
Pengumpulan data
·         Peserta didik melaporkan hasil diskusi kelompok pada tahap mengamati dan ditanggapi oleh kelompok lain
·         Peserta didik merinci struktur teks yang dipakai dalam teks deskripsi.
·         Peserta didik mendapatkan feedback (masukan) mengenai hasil diskusi yang berkaitan dengan fungsi, struktur teks deskripsi yang dirinci peserta didik.
·         Peserta didik menyusun teks deskripsi tulis tentang orang .
d.  Mengasosiasi
Pembuktian :
·         Dalam kerja kelompok terbimbing peserta didik  menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan orang dengan fokus pada  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
·         Peserta didik mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya.
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok. .
e.   Mengkomunikasikan
Generaliasasi
·         Menyampaikan hasil kerja kelompok tentang deskripsi orang sesuai dengan panduan yang disiapkan guru.
·         Peserta didik membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan tempat wisata dan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami (learning journal).

70 menit
Penutup
1.  Menyimpulkan pembelajaran teks deskriptif lisan dan tulis sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
2.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
   Thank you very much for your participation.
You did a good job today, I’m very happy with your activity in      the class.
How about you, did you enjoy my class?
3.   Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
4.   Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10 menit
H.    Media/Alat dan Sumber Pembelajaran
1.        Media                         : gambar - gambar
2.         Alat/Bahan                  :
3.         Sumber Belajar            :
·      Internet
·      Buku Pegangan Bahasa Inggris Kelas X Untuk Guru dan Siswa
·      Buku Bahasa Inggris Kelas XPenerbit Erlangga
·      Suara Guru

J.     Penialain Hasil Belajar
1.   Jenis/teknik penilaian
a.    Sikap                 : melalui observasi dalam belajar, jurnal
b.   Pengetahuan     : tes lisan dan tulisan
c.    Keterampilan    :unjuk kerja/praktek, portofolio,
2.   Instrumen dan pedoman penyekoran

K.    Instrumen Penilaian Hasil Belajar: Terlampir
1.      Lampiran1  :Soal tes Tertulis
2.      Lampiran2  :Lembar Penilaian
                                                                         
                        Mengetahui,                                                                     Bangkinang,  Juli 2014   
Kepala SMK N 1 BANGKINANG                                             Guru Mata Pelajaran


                           DJUNAIDI, M.Pd                                                      EKA YULIA, S.Pd
                  NIP. 19710805 199903 1 006                                    NIP. 19730709 199903 2 005







No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog